^_^ fb : serri_al@yahoo.co.id, twitter :@serrihastuti
This Is my blo9..Blo9 NiE ax Persembahkan wat tmn" muaaa.. m9a bermafa'at eaaa,?amiin.. thx By ღ†♥♫ serri ♫♥†ღキの 日 ♥'s FB:serri_al@yahoo.co.id

Friday, September 25, 2015

CANDI CETHO WITH YOU

Lokasi candi cetho,..
Candi Ceto ( bahasa Jawa latin: cethå) merupakan candi bercorak agama Hindu yang diduga kuat dibangun pada masa-masa akhir era Majapahit (abad ke-15 Masehi). Lokasi candi berada di lereng Gunung Lawu pada ketinggian 1496 m di atas permukaan laut, dan secara administratif berada di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar.
Kompleks candi digunakan oleh penduduk setempat dan juga peziarah yang beragama Hindu sebagai tempat pemujaan. Candi ini juga merupakan tempat pertapaan bagi kalangan penganut kepercayaan asli Jawa/Kejawen.
Laporan ilmiah pertama mengenai Candi Ceto dibuat oleh van de Vlies pada tahun 1842. A.J. Bernet Kempers juga melakukan penelitian mengenainya. Ekskavasi (penggalian) untuk kepentingan rekonstruksi dan penemuan objek terpendam dilakukan pertama kali pada tahun 1928 oleh Dinas Purbakala (Commissie vor Oudheiddienst) Hindia Belanda. Berdasarkan keadaannya ketika reruntuhannya mulai diteliti, candi ini diperkirakan berusia tidak jauh berbeda dari Candi Sukuh, yang cukup berdekatan lokasinya.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Candi_Ceto



Di dalam candi ini terdapat bentuk hewan seperti katak, mimi, dan ketam. Semua lambang ini kemungkinan besar merupakan sengkala tahun Saka 1373 atau 1451 Masehi.

Sumber : http://candi1001.blogspot.co.id/2013/02/sejarah-candi-cetho-karanganyar.html

No comments :

Post a Comment